Tuesday 29 November 2016

One Piece


One Piece, sebuah komik jepang bercerita tentang seorang bocah petualang (dengan ditemani oleh rekan-rekan anggota kapalnya) yang ingin menjadi Raja Bajat Laut dan menemukan harta karun dunia, One Piece. Yang saya suka dari manga ini adalah ceritanya yang begitu mengalir seperti kehidupan nyata dan sangat kompleks, antara satu dengan yang laiinya memiliki keterikatan seperti telah ditakdirkan, sehingga cerita gak terkesan monoton. setiap chapter selalu bikin saya penasaran akan kelanjutan ceritanya. Seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan para pembaca & fans mulai memberi istilah Dunia One Piece.

Dunia One Piece terbagi oleh tiga kelompok kekuatan besar, Angkatan Laut, Sichibukai, dan Yonkou. Angkatan Laut terdiri dari pasukan-pasukan elit dan terlatih, mulai dari yang pangkatnya paling rendah yaitu kacung, sampai yang tertinggi adalah Fleet Admiral/Laksamana Armada. Satu tingkat dibawah Fleet Admiral adalah Admiral yang berjumlah 4 orang dengan kemampuan-kemampuan mengerikan.

one piece sichibukai
Sichibukai terdiri dari tujuh orang Bajak Laut hebat. Sesuai namanya, Sichibukai/Tujuh Penguasa Lautan. Tidak kalah dengan Angkatan Laut, sichibukai juga memiliki kelompok masing-masing dengan kemampuan diatas rata-rata. Sebut saja Crocodile dengan Logia pasirnya, Moriah dengan Paramecia Bayangannya, Kuma dengan kekuatan nikyu-nikyu nya. Ada pula anggota yang tak memakan buah iblis seperti Jinbei Sang Kesatria Laut (manusia ikan) dan Dracule Mihawk alias Hawkeye. Ditambah dengan seorang Bajak Laut Perempuan yang tak kalah hebatnya, Boa Hancock alias Hebihime (Ratu Ular), Pemakan buah Mero-Mero no Mi (perasaan jatuh cinta). Meskipun Bajak Laut, Sichibukai didirikan oleh kelompok yang juga memerintah Angkatan Laut, Pemerintah Dunia.

Sedangkan Yonkou adalah Empat orang bajak laut terkuat yang menguasai seluruh lautan Dunia Baru. Mereka bagaikan kaisar, bagi bajak laut lainnya hanya ada dua pilihan ketika mereka menginjakkan kaki didunia baru, bergabung dengan salah satu Yonko, atau menantangnya.

one piece shirohige
Edward Newgate alias Shirohige (janggut putih) merupakan bajak laut veteran yang seangkatan dengan Gol D Roger, dan salah satu orang yang mampu menandingi kekuatannya. Memiliki tubuh yang besar dan pengguna buah iblis Gura-Gura no Mi. Pasukannya terbagi menjadi 16 divisi dan masing-masing dipimpin oleh satu komandan. Selain itu Shirohige juga punya sekutu dari beberapa kelompok Bajak Laut terkenal dan hebat. Sayang karakter kuat ini harus mengakhiri perannya di One Piece dalam perang besar melawan Marinir.

one piece akagami shanks
Akagami no Shanks, mantan anak buah kapal bajak laut legendaris, Gol D Roger. Dengan bakat dan keuletannya juga didukung para kru yang loyal dan berkemampuan diatas rata-rata berhasil mensejajarkan dirinya dengan Shirohige dan yonko lainnya.

one piece big mom
Kemudian ada Big Mom (nama asli Charlotte Linlin), dia adalah satu-satunya Yonko perempuan. Memiliki anak buah yang kebanyakan adalah anaknya sendiri. Pasukannya dipimpin oleh 4 komandan utama.

one piece kaido
Kaidou the Beast, bajak laut bertubuh besar yang berambisi menjadi manusia terkuat dimuka bumi. Semua pasukannya adalah pemakan buah iblis Zoan.

one piece kurohige
Yang terakhir adalah Kurohige. Kelompok bajak laut ini adalah anggota Yonko terbaru. Sang kapten, Marshall D Teach alias Kurohige merupakan mantan anak buah kapal Shirohige.

Di Dunia One Piece, lautan terbagi menjadi 4 lautan luas, East Blue, West Blue, South Blue, dan North Blue. Kalo didunia nyata ada yang namanya Garis Khatulistiwa, maka hal yang sama di Dunia One Piece bernama Grand Line, yang terdiri dari beberapa pulau yang berjajar.

Sedangkan untuk menggambarkan garis lintang 0 derajat, Oda menggantinya dengan batu raksasa yang seperti gunung yang disebut Red Line.

Selain itu ada lautan yang tidak memiliki arus laut maupun hembusan angin, dan tempat bersemayam para Sea King (Monster-monster laut). Area ini disebut dengan Calm Belt, berada di sepanjang utara dan selatan Grand Line.

Seluruh lautan memang sangat berbahaya dengan adanya monster laut, namun ancaman dari Bajak Laut lain yang haus Harta, Tahta, dan Kekuatan jauh lebih berbahaya. Oleh karena itu ketika Luffy kecil meminta untuk bergabung dengan kelompok Shanks si Rambut Merah, Shanks tentu menolaknya. Inilah awal mula Luffy bercita-cita ingin menjadi Raja Bajak Laut, dia melihat kehebatan kelompok Akagami Shanks, dan ingin melampauinya.

Satu persatu Luffy mencari, menemukan dan merekrut kawan dan anggota kelompoknya, memiliki cita-cita masing-masing, dan mempunyai tujuan yang sama… untuk sama-sama mewujudkan impian bersama. Hingga tulisan ini dibuat, Topi jerami sudah memilik Sembilan awak kapal. Luffy, Zoro, Nami, Sanji, Usop, Chopper, Robin, Franky, dan Brook. Masing-masing memiliki tugas dan kemampuan yang berbeda, dan, tentu saja watak yang juga berbeda-beda. Bahkan tidak jarang mereka tidak sependapat dan berbeda sudut pandang, terkadang berakhir dengan perkelahian, terutama Zoro dan Sanji.

Namun dibalik ketidak-cocokan sifat antara satu kru dengan kru yang lain, mereka tetap saling menghormati, menyayangi dan melindungi sebagai seorang teman. Mereka tidak akan pernah rela bila ada yang mengganggu dan menyakiti salah satu teman mereka, apapun alasannya. Luffy dkk tidak segan-segan menyerang salah satu markas pusat angkatan laut dan pemerintah dunia, demi membawa pulang kembali Nakama-nya.

Banyak sekali halangan dan rintangan yang akan dihadapi Luffy dkk untuk menggapai tujuannya, entah itu dari Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut, maupun dari sesama Bajak Laut lain yang memilik tujuan sama, yaitu mendapatkan harta karun Dunia, One Piece.

No comments :

Post a Comment